Header Ads

Breaking News

5 Aplikasi Kamera Yang Mendukung Format RAW di Android

5 Aplikasi Kamera Yang Mendukung Format RAW di Android

5 Aplikasi Kamera Yang Mendukung Format RAW di Android

Sekarang, mulai bermunculan smartphone yang dibekali kamera dengan kemampuan untuk menghasilkan foto dengan format RAW. Seperti diketahui, hasil foto dengan format RAW memiliki lebih banyak keunggulan saat akan diolah, dibandingkan format JPEG. Namun, tidak semua smartphone Android dibekali kamera yang mampu mengambil foto dengan format RAW. Nah, ini dia 5 aplikasi kamera yang mendukung format RAW di Android.
Kenapa tidak semua smartphone Android dibekali kemampuan ini? Karena format RAW membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya, selain itu karena mata pengguna biasa akan merasa hasil foto dengan format JPEG pun sudah cukup bagus.

5 Aplikasi Kamera Yang Mendukung Format RAW di Android

1. Camera FV-5

Camera FV-5
Dengan Camera FV-5, kamu akan dihadapkan pada permukaan kontrol yang nampak seperti kamera DSLR. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan menemukan kontrol manual kamera. Berbeda dengan aplikasi Camera 360 yang menyediakan banyak mode pengambilan gambar agar mudah, Camera FV-5 hanya menyediakan opsi pengaturan manual, sehingga kamu lebih leluasa dalam mengaturnya agar dapat menghasilkan foto yang baik.

Tersedia 2 versi dari aplikasi ini, yaitu Lite dan Pro seharga Rp 49.560,-. Pada versi Pro, kamu akan mendapatkan fitur yang memungkinkan kamu untuk menghasilkan foto dalam format RAW.

2. AZ Camera - Manual Pro Cam

AZ Camera
Hampir sama dengan Camera FV-5, aplikasi juga menyediakan pengaturan manual untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Yang membedakan adalah AZ Camera menyediakan fitur gambar RAW secara gratis. Meski demikian, dengan melakukan upgrade ke versi Pro via aplikasinya, kamu bisa mendapatkan fitur unlimited merekam video, live histogram, dan lain sebagainya.

3. A Better Camera

A Better Camera
Bisa dibilang, A Better Camera memang aplikasi kamera terbaik di Android. Aplikasi kamera ini menyediakan beragam mode pengambilan gambar yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Meski tersedia versi gratis, dengan membayar versi Pro, kamu akan mendapatkan banyak fitur tambahan. Sangat disayangkan fitur gambar RAW hanya mendukung beberapa perangkat. Di luar itu, A Better Camera sangat mumpuni untuk digunakan berkat mode seperti Pre-shotHDR+Night Modehigh-res panoramasobject removal, dan lain sebagainya.

4. Mi2raw Camera

Mi2raw
Selanjutnya adalah Mi2raw yang benar-benar bekerja dengan baik untuk menghasilkan foto RAW. Aplikasi ini gratis, namun sayangnya hanya beberapa perangkat Android yang mendukungnya, seperti Xiaomi Mi2Mi3LG G2, dan OnePlus One. Jika smartphone kamu tidak didukungnya, lebih baik jangan menginstalnya, karena tidak akan bisa dibuka

5. Manual Camera

Manual Camera
Manual Camera hampir sama dengan nomer 1 dan 2, sesuai namanya aplikasi ini akan memberikan kamu pengalaman dalam menggunakan mode manual di kamera. Sehingga kamu akan dihadapkan dengan tampilan kontrol seperti pada kamera DSLR. Namun, aplikasi ini juga sama dengan nomer 3 dan 4, dimana aplikasi ini hanya mendukung perangkat yang didukungnya saja. Unuk mengetahui smartphone kamu mendukung Manual Camera atau tidak, kamu bisa menginstal Manual Camera Compatibility.Foto dengan format RAW bisa dibilang sebagai file murni, jadi nantinya kamu bisa menyimpan dan memprosesnya sesuai kehendak di masa depan. Ingat dulu saat masih jaman film? Mungkin kamu kenal dengan klise/negatif sebuah foto yang penting supaya bisa dicetak lagi, lagi, dan lagi. Nah file RAW bisa diasumsikan seperti klise/negatif sebuah foto.
Jadi, ayo biasakan membuat file RAW dari setiap foto moment penting di keseharian kamu!

Tidak ada komentar