Header Ads

Breaking News

5 Software untuk Mengetahui Performa Baterai Laptop KamuSebagai pengguna

5 Software untuk Mengetahui Performa Baterai Laptop KamuSebagai pengguna  

5 Software untuk Mengetahui Performa Baterai Laptop Kamu

Laptop , baterai menjadi salah satu komponen penunjang yang sangat penting. Tanpa baterai yang mumpuni, kalian tidak akan bisa leluasa menggunakan laptop tanpa colokan listrik. Bayangkan saja misalkan kalian sedang berada di cafe sambil mengerjakan pekerjaan penting. Baterai tiba-tiba drop dan kalian berada jauh dari colokan listrik.

Karena itulah sebagai salah satu komponen penting, sangat penting juga untuk mengetahui kondisi baterai laptop yang kamu gunakan. Tidak jarang orang-orang mengabaikan kondisi baterai dari laptop yang mereka gunakan. Padahal, seiring dengan waktu, kesehatan baterai laptop juga terus memburuk sesuai dengan penggunaannya. Nah, untuk mengetahui bagaimana kondisi baterai laptop kalian seperti apa, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan dan dapat menampilkan informasi yang akurat.

Aplikasi untuk Mengetahui Kondisi Baterai Laptop

1. BatteryCare

aplikasi pemantau baterai laptop 1
BatteryCare adalah sebuah aplikasi yang dapat mengoptimalkan penggunaan baterai laptop. Aplikasi ini dapat memonitor siklus discharge baterai sehingga dapat memberikan informasi umur baterai pada penggunanya. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain pemantauan siklus discharge, BatteryCare juga bisa menampilkan seluruh informasi secara lengkap. Bahkan aplikasi ini dapat membaca temperatur CPU dan Hard Disk saat digunakan. Jadi, ketika kalian melihat temperatur mulai meningkat secara tidak wajar, kalian dapat langsung mematikan laptop yang kalian gunakan.

2. BatteryInfoView

aplikasi pemantau baterai laptop 2
Sama seperti aplikasi sebelumnya. BatteryInfoView juga merupakan aplikasi gratis sederhana yang dibuat khusus untuk notebook atau laptop. BatteryInfoView dapat menampilkan informasi yang lengkap mengenai kondisi baterai laptop yang digunakan. Informasi pada aplikasi ini berupa nama baterai, nama produsen, nomor seri, tinggal produksi hingga status daya dan kapasitas baterai saat ini. Uniknya, tampilan yang dimunculkan pada BatteryInfoView adalah mode battery log atau catatan penggunaan baterai. Sehingga kita bisa melihat dengan lebih detail berapa besaran daya yang dikeluarkan oleh baterai laptop.

3. BatteryBar

aplikasi pemantau baterai laptop 3
BatteryBar adalah aplikasi yang lebih ringan dari yang lainnya. Memang tampilan dari BatteryBar tidak terlihat rumit dan lengkap jika dibandingkan dengan yang lain. BatteryBar terlihat jauh lebih simpel dengan menampilkan informasi baterai melalui toolbar. Biasanya jika kalian menggunakan Windows, pada bagian toolbar memang ada indikator baterai yang menampilkan informasi kondisi daya. Sayangnya indikator tersebut tidaklah lengkap. Nah, BatteryBar ini dibuat untuk melengkapi informasi tersebut. Kalian cukup mengarahkan kursor dan mengkliknya satu kali. Informasi mengenai baterai akan muncul dengan sendirinya.

4. Battery Logger

aplikasi pemantau baterai laptop 4
Battery Logger sangat berguna untuk mendeteksi dan melihat perilaku yang janggal dari baterai laptop. Dengan aplikasi ini, kita dapat melihat bagaimana penggunaan daya dari laptop yang kita gunakan. Selain itu aplikasi ini juga dapat menampilkan indikator yang menandakan baterai telah soak. Aplikasi ini akan memeriksa setiap aktivitas baterai laptop dan setiap kali terjadi ada kesalahan, maka aplikasi ini secara otomatis akan muncul dan membuat notifikasi berisi log error.

5. BatteryMon

aplikasi pemantau baterai laptop 5
BatteryMon dapat memperlihatkan data yang akurat mengenai kondisi baterai laptop. Aplikasi ini menyediakan grafik dari penggunaan baterai serta tingkat discharge laptop. BatteryMon menampilkan informasi kondisi baterai dengan cara yang mudah dipahami serta real time dan akurat. Selain itu kelebihannya adalah aplikasi ini dapat memberikan informasi melalui beberapa cara yaitu melalui widget hingga melalui email jika data penggunaan telah melampaui batasnya.

Tidak ada komentar