Header Ads

Breaking News

5 Game Terkenal yang Dibuat Karena Sebuah Kecelakaan

5 Game Terkenal yang Dibuat Karena Sebuah Kecelakaan

5 Game Terkenal yang Dibuat Karena Sebuah Kecelakaan
Game-game populer di dunia berkembang dengan perencanaan dan pembuatan yang sangat mendetail. Bahkan di antaranya memerlukan riset selama beberapa tahun.
Namun, ada beberapa game populer yang ternyata berawal dari sebuah kecelakaan, kesalahan, atau hanya sebuah proyek iseng. Kali ini Jaka telah menyusun 5 game terkenal yang dibuat karena sebuah kecelakaan. Berikut ulasannya.

5 Game Terkenal yang Dibuat Karena Sebuah Kecelakaan

1. DOTA terbuat dari gabungan Warcraft dan Starcraft

Dota
Puluhan game memang banyak yang berawal dari sebuah mod atau berakar dari pengembangan komunitas. Namun, ketika sebuah tim pengembang berbakat membuat mashup dari Warcrafft-Starcraft di awal tahun 2000-an, siapa yang meramalkan akan menelurkan sebuah genre populer?
Defense of The Ancients pada dasarnya adalah skenario Starcraft Aeon of Strife yang dikonversi ke Warcraft III engine menggunakan software editing game, yang dirilis secara gratis oleh Blizzard. Peta yang dimodifikasi datang dengan gameplay yang berubah secara luas berdasarkan konsep tower defence dan seperti wildfire di platform Battle.net.Seiring waktu, DOTA dibentuk oleh para penggemar dalam sebuah forum. Kini DOTA yang telah mencapai seri ke-2 nya menjadi game paling terkenal di dunia dan jawara dalam kejuaraan e-Sport.

2. Pikmin Awalnya Hanya Demo untuk Konsol GameCube

Pikmin
Pikmin awalnya merupakan teknologi demo yang dirancang untuk menampilkan kemampuan GameCube di Space World 2000Nintendo memukau peserta dengan teknologinya tersebut.
Meski awalnya hanyalah sebuah demo, akhirnya Nintendo memiliki ide lain, di mana mereka menyerahkan hal ini kepada sebuah tim yang dipimpin oleh Shigefumi Hino dan meminta mereka untuk membuat sesuatu yang original dari demo tersebut. Pikmin pun hadir menjadi game yang cukup populer hingga sekarang.

3. Counter Strike adalah Mod dari Para Pengembang yang Bosan dengan Game Half-Life

counter-strike
Secara teknis, Counter-Strike diciptakan dengan sengaja oleh sepasang programmer bernama Minh Le dan Jess Cliffe, karena mereka bosan dengan game Half-Life. Mereka pun membuat mod untuk game Half-Life di mana itulah bentuk awal dari Counter-Strike, dan akhirnya mod tersebut menjadi populer secara fenomenal.
Valve pun melakukan hal yang seharusnya, mereka membeli karya tersebut dan mempekerjakan Minh Le dan Jess Cliffe untuk mengerjakan versi lengkapnya yang hingga sekarang menjadi game FPS paling terkenal sejagad raya.

4. Grand Theft Auto Tercipta dari Sebuah Glitch

Grand Theft Auto
Meski sulit dipercaya, salah satu franchise game paling menguntungkan dan kontroversial sepanjang masa, Grand Theft Auto atau yang lebih dikenal dengan singkatannya GTA berawal dari kesalahan Rockstar Games. Awalnya, pengembang berniat akan menciptakan permainan bertema balapan, di mana berpusat tentang balapan liar dan pengejaran polisi yang diberi judul Race n' Chase.
Namun, saat pembuatan terjadi semacam glitch di mana mobil polisi menjadi lebih dari sekedar mengejar, tapi lebih liar dan menyebabkan kekacauan di dalam game. Tapi inilah yang membuat pengembang seakan mendapatkan ide. Mereka akhirnya mempertahankan glitch tersebut dan mengubah keseluruhan game menjadi permainan Open World bertema kriminal yang sangat sukses hingga sekarang.

5. Geometry Wars Awalnya Hanya Software Tester

Geometry Wars
Game multi-directional shooterGeometry Wars, sebenarnya tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi sebuah game. Game ini awalnya hanya sebuah software untuk menguji controller Xboxselama pembuatan Project Gotham Racing 2.
Namun, para karyawan pun justru menikmati software tersebut dan bersenang-senang dengannya. Pada akirnya, mereka memutuskan untuk menyisipkan software ini menjadi easter eggdi dalam game Project Gotham Racing 2.
Hal yang serupa pun juga terjadi, di mana para pemain Project Gotham Racing 2 lebih banyak menghabiskan waktu mereka memainkan mini game ini. Melihat pertanda positif kemudian game ini dirilis secara mandiri dengan judul Geometry Wars.

Tidak ada komentar