Header Ads

Breaking News

5 Kasus Kejahatan Cyber Paling Misterius di Dunia.

5 Kasus Kejahatan Cyber Paling Misterius di Dunia.

5 Kasus Kejahatan Cyber Paling Misterius di Dunia

Cyber Crime memang beberapa tahun belakangan menjadi kejahatan yang sangat populer. Serangan berbasis Hacking biasanya menyerang sistem keamanan virtual.
Ternyata dalam sejarah ada beberapa kejahatan cyberyang masih misterius hingga sekarang. Jaka telah menyusun 5 Kasus Kejahatan Cyber Paling Misterius di Dunia. Berikut ulasannya.

5 Kasus Kejahatan Cyber Paling Misterius di Dunia

1. The WANK Worm

the wank worm
Terjadi pada 1989. Serangan ini disebut-sebut sebagai serangan Hacktivist pertama di dunia. The WANK Worm menyerang kantor NASA di GreenbeltMaryland.
WANK yang berarti Worm Against Nucklear Killers memasang semacam tulisan demonstrasi untuk menghentikan peluncuran Probe Galileo yang dipicu oleh Plutonium. Perbaikan dari serangan ini pun telah menghabiskan hingga setengah juta dollar. Sampai hari ini tidak ada yang yakin darimana serangan tersebut berasal, meski banyak yang mencurigai peretas yang berasal dari MelbourneAustralia.

2. Satelit Kementerian Pertahanan Amerika Serikat Diretas

satelit diretas
Sekelompok kecil hacker yang dilacak di Inggris Selatan menguasai satelit militer Skynet pada tahun 1999 dan memberikan intrusi kemanan yang ditandai oleh pejabat sebagai 'Perang Informasi', di mana musuh menyerang dengan mengganggu komunikasi militer.
Pada akhirnya, para hacker berhasil memprogram ulang sistem kontrol. Meskipun unit kejahatan komputer Scotland Yard dan Angkatan Udara Amerika Serikat bekerja sama untuk menyelidiki kasus ini, tidak ada penangkapan yang dilakukan.

3. CD Universe Credit Card Breach

cd universe
Januari tahun 2000, lebih dari 300.000 nomor kartu kredit disebar oleh hacker yang disebut Maxim di situs web yang berjudul The Maxus Credit Card Pipeline tetap belum terpecahkan sejak awal tahun 2000.
Maxim mencuri informasi kartu kredit dengan meretas CDUniverse.com, lalu meminta 100.000 dollar sebagai uang perasan. Meski Maxim diyakini berasal dari Eropa Timur, kasus ini tetap belum terpecahkan.

4. Source Code militer Amerika dicuri

source code dicuri
Yang paling berbahaya dalam peretasan sistem militer adalah pencurian source code dari pengendali rudal. Pada musim dingin tahun 2000, seorang peretas berhasil masuk ke Software Exigent yang dimiliki pemerintah.
Kemudian ia mengambil dua pertiga kode untuk perangkat lunak OS/COMET Exigent, yang digunakan untuk penggunaan rudal dan satelit, dari laboratorium riset Angkatan Laut di Washington. Para petugas pun berhasil mengikuti jejak penyusup berikut yang mengarah ke Universitas Kaiserslautern di Jerman. Tapi di situlah jejak itu menghilang seketika.

5. Dennis Kucinich di CBSNews.com

dennis kucinich
Sebagai pendukung kampanye dari calon presiden Kucinich, seorang hacker mencoba memperjuangkan junjungannya pada tahun 2003.
Awal hari Jumat pagi, halaman depan CBSNews.com digantikan dengan logo kampanye Kucinichyang kemudian secara otomatis diarahkan ke video kampanye berdurasi 30 menit berjudul 'This is The Moment'. Meskipun setelahnya tim sukses Kucinich tidak mengakui keterlibatan dengan kasus tersebut dan hingga sekarang tak ada yang bertanggung jawab akan kejahatan tersebut.
Itulah 5 Kasus Kejahatan Cyber Paling Misterius di Dunia. Jadi mana menurutmu yang paling menggegerkan? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya!

Tidak ada komentar