Header Ads

Breaking News

100% Work! Cara Mengatasi Komputer Hang Yang Mudah

100% Work! Cara Mengatasi Komputer Hang Yang Mudah

100% Work! Cara Mengatasi Komputer Hang Yang Mudah

Memakai komputer sangat menyenangkan. Nggak hanya bisa menghibur, tapi juga bisa mempermudah pekerjaan. Hal ini membuat komputer rasanya menjadi benda wajib.
Memakai komputer nggak akan menyenangkan lagi, apabila suka hang. Apakah kamu pernah mengalami penyakit yang namanya hang ini? Kalau iya, yuk simak langkah cara mengatasi komputer hang dari Jaka berikut ini...

1. Hal Umum Penyebab Komputer Hang

cara-mengatasi-komputer-hang-1
Sumber foto: Gambar: DriverTech
Sebelum masuk ke cara mengatasi komputer hang ada baiknya kamu perlu mengenal dan tahu penyebab komputer hang terlebih dahulu. Sebab dengan mengenal dan tahu penyebab komputer hang, maka akan mempermudah kamu mengatasinya.
Hang pada komputer artinya adalah terjadi benturan pada proses sistem, benturan proses sistem ini akhirnya membuat komputer mendadak diam atau berhenti bekerja. Penyebabnya bisa dikarenakan software atau hardware, dengan ciri-ciri lengkap sebagai berikut...

1.a. Penyebab Komputer Hang Karena Permasalahan Software

cara-mengatasi-komputer-hang-2
Sumber foto: Gambar: Arkade
Apabila komputer hang karena masalah software, umumnya akan langsung terlihat jelas. Software yang hang akan berhenti bergerak, mouse masih bisa bergerak, dan terakhir ada tulisan "Not Responding" pada software yang hang.

1.b. Penyebab Komputer Hang Karena Permasalahan Hardware

cara-mengatasi-komputer-hang-3
Sumber foto: Gambar: Envista Forensics
Apabila komputer hang karena masalah hardware, agak susah menganalisa dimana masalahnya. Umumnya komputer akan seketika diam, tak ada yang bisa digerakan baik itu mouse dan lain-lain. Bahkan tidak jarang setelah itu di ikuti dengan penyakit Blue Screen.

2. Teknik Mengatasi Komputer Hang Yang Mudah

cara-mengatasi-komputer-hang-4
Sumber foto: Gambar: How To Geek
Mengatasi komputer hang tergantung dengan apa penyebabnya, apabila secara software ada cara penanganan tersendiri, sementara apabila karena secara hardware juga ada cara penangananya tersendiri. Cara selengkapnya sebagai berikut...

2.a. Cara Mengatasi Komputer Hang Karena Permasalahan Software

cara-mengatasi-komputer-hang-5ok
Buka Task Manager lalu pilih software mana yang menyebabkan hang, lalu klik End Task. Lanjutkan dengan membuka kembali software yang hang apabila diperlukan, dan selesai.

2.b. Cara Mengatasi Komputer Hang Karena Permasalahan Hardware

cara-mengatasi-komputer-hang-6
Sumber foto: Gambar: Retro Computer
Apabila komputer kamu hang sama sekali nggak bisa digerakan, umumnya itu terjadi karena permasalahan hardware. Lakukan Hard Shutdown dengan menekan tombol power selama 5 detik, jika sudah nyalakan kembali. Apabila tidak bisa dinyalakan atau hang kembali, artinya kamu butuh service atau maintenance.
Itu dia cara mengatasi komputer hang yang mudah, benar nggak sulit bukan? Bagaimana pendapat kamu, apakah ada cara lainnya? Jika ada, share sama Jaka ya!
Oh iya, pastikan kamu membaca artikel terkait Komputer atau tulisan menarik lain dari 1S

Tidak ada komentar