Header Ads

Breaking News

Kumpulan Pertanyaan Menggelitik Kongres AS untuk Bos Facebook

Kumpulan Pertanyaan Menggelitik Kongres AS untuk Bos Facebook



Jakarta, CNN Indonesia -- Kesaksian CEO Facebook Mark Zuckerberg di hadapan Kongres Amerika Serikat menyisakan cerita. Sejumlah pertanyaan yang diajukan para anggota parlemen itu tak jarang membingungkan Zuckerberg.

Kongres AS meminta penjelasan Zuckerberg atas skandal kebocoran data yang melibatkan Cambridge Analytica selama dua hari berturut-turut. Namun dari dokumentasi yang tersebar luas, seperti dilaporkan CNN, ada beberapa anggota Kongres terkesan tidak menguasai permasalahan.

Contohnya adalah pertanyaan dari Senator Deb Fischer berikut.


"Ada berapa kategori data yang kalian simpan, yang Facebook simpan dalam kategori yang kalian kumpulkan?"
Zuck membalasnya singkat, "Senator, apa Anda bisa klarifikasi apa itu kategori data?"

Fischer lalu berusaha memperjelas pertanyaannya namun ia gagal mengurai definisi kategori yang ia maksud. Tak ayal, Zuck tetap kebingungan menjawabnya.

Beda lagi dengan Senator John Cornyn. Pria yang mewakili negara bagian Texas itu justru seakan sedang bertanya cara menghapus akun Facebook.

"Ketika saya memilih untuk menghapus akun Facebook saya, bisakah itu mencegah data yang sebelumnya saya berikan dari Facebook atau pihak ketiga lain untuk tujuan apapun?"

"Ya, Senator. Kalau kalian menghapus akun anda, kami akan menghapus semua informasi anda," jelas Zuck dengan lugas.
Pertanyaan lain yang tak kalah konyol datang dari Senator Orrin Hatch. Hatch bertanya soal model bisnis Facebook yang tidak memungut bayaran para pengguna atas layanan yang diberikan. Padahal pertanyaan yang sama sudah diajukan oleh anggota Kongres lain dan sudah dijawab pula oleh Zuck.

Netizen di YouTube menilai kinerja sejumlah anggota Kongres cukup payah. 

Selama memberi kesaksian di hadapan Senat dan DPR AS, Zuckerberg menangani hampir semua pertanyaan dengan tenang. Dia bisa menjawab pertanyaan dengan cepat dan lugas.

Tidak ada komentar