Header Ads

Breaking News

Thriller Perang Mencekam Ala Nolan di Dunkirk

Thriller Perang Mencekam Ala Nolan di Dunkirk

Thriller Perang Mencekam Ala Nolan di Dunkirk

Nama Christopher Nolan sudah sangat terkenal di dunia perfilman. Berkat karya-karyanya yang luar biasa mulai dari superhero Batman BeginsInception hingga Memento. Ia terkenal sebagai sutradara yang genrenya tidak bisa ditebak, namun filmnya selalu menjadi fenomena berkat eksekusi yang luar biasa cerdas dan intrik yang mencekam.
Kali ini Nolan mengangkat cerita perang dunia kedua, sebuah setting yang sudah sering diangkat oleh film perang lain. Namun kini lewat tangan dingin nolan, disajikan dengan kerapian, penceritaan dan hasilnya di luar dugaan, sehingga walaupun genre perang dunia kedua cukup umum, Dunkirk memiliki keunikannya tersendiri.

When the Homeland Comes

dunkirk2
Dunkirk bercerita mengenai kondisi perang dunia kedua, dimana pada tahun 1940 ketika perang Perancis melawan Jerman sedang memuncak, pasukan Inggris dan sekutunya mencoba untuk bertahan dari gempuran serangan musuh yang sudah mengepung mereka, sebuah kondisi yang terjadi di pulau dan pantai bernama sama, yaitu Dunkirk. Dengan persenjataan dan perbekalan serta kondisi hidup yang semakin menipis, serta pasukan musuh yang semakin bergerak mendekat, sudah tampak tidak ada harapan bagi 400 ribu pasukan yang menunggu ajal tersebut.
Pasukan bala bantuan hendak didatangkan, tapi tidak bisa, karena situasi perang begitu intens, dan tentara sekutu memiliki resiko yang tinggi bila memasuki medan pertempuran. Maka diadakanlah sebuah misi yaitu Operation Dynamo, dimana sekutu akhirnya melibatkan para pelaut warga sipil untuk membantu dalam menyelamatkan pasukan yang terkepung di Dunkirk.
Apakah warga sipil bisa berperang? Tentu tidak, mereka biasanya menangkap ikan ataupun mengangkut muatan saja. Meski tahu betul nyawa menjadi taruhannya, mereka tetap maju ke medan perang dengan misi untuk menyelamatkan sebanyak mungkin pasukan yang terjebak di Dunkirk.

An Orchestra of War

dunkirk1
Dengan musik gubahan Hans Zimmer, dan visual yang luar biasa detail, serta penceritaan ala Nolan, Dunkirk tidak terasa seperti film perang biasa. Angle yang disajikan tidak hanya dari tentara yang terdampar di Dunkirk saja, tapi juga ada sudut pandang dari tentara lain, serta pasukan sipil sekutu yang menjadi titik emosional dan kunci dari film ini.
Perjuangan heroik para pasukan Perang Dunia 2 tersebut sangat luar biasa, dan patut diacungi dual jempol. Film ini sudah bisa kamu buktikan sendiri kemegahannya di layar lebar dan IMAX mulai hari Jum at, 21 Juli 2017.

Tidak ada komentar