Header Ads

Breaking News

5 Hal Kecil yang Mampu Mengubah Sejarah Dunia

5 Hal Kecil yang Mampu Mengubah Sejarah Dunia

5 Hal Kecil yang Mampu Mengubah Sejarah Dunia

Namanya sejarah pastinya bisa berkesan, mulai dari unik, menarik, berkesan sampai menyeramkan. Sejarah pun nggak jarang lahir dari ketidaksengajaan, bahkan bisa jadi hanya disebabkan oleh suatu hal yang sepele. Nah, kali ini Jaka akan mengulas tantang hal-hal kecil yang mampu mengubah sejarah dunia. Di sini kita ambil contoh kasus tenggelamnya kapal Titanic. Jaka yakin kamu pasti tau banget soal kapal Titanic yang tergoncang dan tenggelam pada tahun 1912.
Meskipun sampai saat ini belum ada kepastian soal penyabab tenggelamnya kapal Titanic ini, namun banyak yang meyakini peristiwa itu disebabkan oleh kapal yang menabrak gunung es. Mungkin juga masih banyak yang bertanya-tanya, mengapa kapalnya bisa menabrak gunung es? Pertanyaan-pertanyaan semacam itu akan terus muncul selagi penyebab pasti terjadi peristiwa benar-benar terungkap. Cukup soal Titanic, yuk langsung saja kita bahas 5 Hal Kecil yang Mampu Mengubah Sejarah DuniaCekidot!

5 Hal Kecil yang Mampu Mengubah Sejarah Dunia

1. Awan Penyelamat Kota Kakura

Awan Penyelamat Kota Kakura
Untuk yang pertama adalah kasus pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mendengar tentang peristiwa yang terjadi pada tahun 1945. Namun taukah kamu bahwa sebenarnya kota tersebut bukanlah target asli Amerika Serikat? Target pengeboman yang sebenanrnya adalah kota Kokura.
Hal besar dan mengerikan terkadang disebabkan oleh hal-hal kecil, begitu pula dalam kasus pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki. Pada saat pesawat Amerika sedang dalam perjalanan, kabarnya terhalang oleh sebuah awan dan tidak dapat melihat dengan jelas, hingga terancam kehabisan bahan bakar. Pada akkhirnya mereka dengan terpaksa menjatuhkan bom dan kota Hiroshima-lah yang menjadi pelampiasan mengenaskan dalam hal ini. Ngeri banget kalau dibayangin.

2. Kewarganegaraan Napoleon Bonaparte

Kewarganegaraan Napoleon Bonaparte
Sepertinya nama Napoleon Bonaparte tidak asing lagi bagi para pecinta sejarah ya. Napoleon Bonaparte merupakan kaisar Prancis yang dikenal sangat hebat, ialah satu-satunya orang yang mampu membawa negara Prancis mencapai masa kejayaan. Nyaris seluruh Eropa berhasil ia taklukan pada masa kepemimpinan nya. Mungkin hal ini jugalah yang membuat Napoleon Bonaparte dianggap sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia.
Ada satu hal kecil yang dipercaya bisa mengubah sejarah dan itu merupakan Napoleon Bonaparte sendiri. Percaya atau tidak, Napoleon Bonaparte hampir saja tidak berkewarganegaraan Prancis. Napoleon Bonaparte dipercaya lahir di suatu pulau pada 15 Agustus 1769. Faktanya pulau tersebut belum lama baru menjadi bagian dari negara Prancis, tepatnya tiga bulan sebelum ia lahir. Gimana jadinya coba Napoleon Bonaparte lahir tiga bulan lebih awal?

3. Cita-Cita Adolf Hilter adalah Pelukis

Cita-Cita Adolf Hilter Adalah Pelukis
Jaka rasa Adolf Hitler bukanlah orang yang asing lagi. Tepat sekali, Adolf Hitler merupakan orang yang bertanggung jawab atas terjadinya pembantaian lebih dari 5 juta orang Yahudi di jerman. Adolf Hitler tentunya dikenal sebagai orang yang sangat kejam, tapi yang namanmya manusia tentu saja terkadang jaya dengan apa yang bukan ia inginkan alias tak sesuai cita-cita. Dan faktanya, saat muda Adolf Hitler bercita-cita sebagai pelukis, karena ia memang suka seni dan memiliki ketertarikan yang cukup tinggi pada dunia seni.
Benar saja, Adolf Hitler bahkan sering mengikuti ujian masuk perguruan tinggi seni hanya saja ia selalu gagal. Bagaimana jika pada saat itu Adolf Hitler diterima? Hmm, kemungkinan besar sejarah Jerman akan berbeda ya.

4. Kunci Penyelelaman Titanic

Kunci Penyelelaman Titanic
Nah, lanjut ngomongin soal Titanic nih. Seperti yang sudah kamu ketahui kalau penyebab tergoncangnya kapal Titanic hingga tenggelam adalah karena kapal menabrak gunung es. Lalu apakah yang menyebabkan kapal Titanic menabrak gunung es raksasa? Mungkin banyak yang bertanya tentang hal ini. Siapa sangka kalau ternyata sesuatu yang mengerikan ini hanya disebabkan oleh sebuah kunci. Yap, kunci tersebut membuat kapal titanic tumbang dan memakan ribuan korban jiwa.
Ada satu hal kecil yang diyakini dapat membuat kapal Titanic terhindar dari kecelakaan, yakni sebuah kunci loker. Dalam loker tersebut terdapat benda yang sangat penting dan wajib ada pada setiap kapal, yakni teropong. Tentunya fungsi utama dari teropong itu untuk mengamati, pengecekan cuaca pada lokasi tertentu, dan juga sebuah halangan yang nantinya dapat menimbulkan masalah besar.
Sudah pasti jika teropong tersebut digunakan, maka mereka dapat mengamati lokasi gunung esdari kejauhan dan dengan begitu akan memperkecil kemungkinan tabrakan dan meningkatkan keselamatan kapal. Namun sayangnya pemegang kunci penting tersebut tidak pergi bertugas dan mambawa kunci tersebut bersamanya. Nggak nyangka banget kan kalau ternyata sebuah kunci pun bisa sangat penting dan apabila kunci tersebut ada, mungkin akan berbeda lagi ceritanya.

5. Amerika dan Satuan Ukuran International

Amerika dan Satuan Ukuran International
Pernah nggak sih kamu berpikir kenapa orang Amerika nggak pernah memakai satuan ukuran standar international, contohnya panjang maka di Amerika adalah inchi, kemudian gram maka di amerika adalah pound, dan lain lain. Entah apa alasannya tapi yang pasti pada awalnya amerika pun hampir setuju dengan satuan ukuran international. Singkat cerita pada tahun 1974 seorang pria ahli botani asal Prancis sedang dalam perjalanan ke Amerika Serikat mengalami masalah dalam perjalanannya padahal ia bertujuan untuk bertemu menteri Amerika.
Pertemuan tersebut tujuannya untuk mengenalkan dan mengajak pemerintah mengikuti satuan ukuran Prancis alias internasional. Tapi sayang, pada saat perjalanan ia mengalami masalah besar lantaran kapal yang ia gunakan dibajak, pada akhirnya ia dan alat-alatnya tidak pernah berhasil sampai ke tempat tujuan. Akhirnya sampai ini Amerika masih tetap mengandalkan satuan ukuran non-internasional atau sama sepeti sebelumnya.
Itulah 5 Hal Kecil yang Mampu Mengubah Sejarah Dunia. Siapa sangka sesuatu yang besar mulai dari mengesankan, mengerikan, hanya disebabkan oleh masalah yang sepele. Andaikan 5 hal di atas terjadi, maka kemungkinan besar akan mengubah sejarah dunia.

Tidak ada komentar