Header Ads

Breaking News

WASPADA! 10+ Tanda Ini Menunjukkan Androidmu Telah Terinfeksi Virus

WASPADA! 10+ Tanda Ini Menunjukkan Androidmu Telah Terinfeksi Virus

WASPADA! 10+ Tanda Ini Menunjukkan Androidmu Telah Terinfeksi Virus

Pernah mengalami keanehan pada smartphone kalian? Mengalami serangan iklan yang sangat masif, baterai smartphone kalian habis secara tidak masuk akal, atau sering terjadi lag dan freeze saat sedang menggunakan smartphone?
Kemungkinan besar, smartphone kalian menjadi korban kejahatan cyber karena terkena virus berbentuk mobile malware. Maka dari itu, kali ini Jaka akan menjelaskan 10+ Tanda yang Menunjukkan Androidmu Telah Terinfeksi Virus. Yuk simak langsung artikelnya berikut ini.

WASPADA! 10+ Tanda Ini Menunjukkan Androidmu Telah Terinfeksi Virus

1. Iklan-iklan yang Tidak Diperlukan

Iklan-iklan yang tidak diperlukan
Saat smartphone kalian sering sekali memunculkan iklan, kemungkinan besar smartphone kalian sudah terinfeksi "bug". Nah, alasan iklan-iklan ini muncul adalah untuk membuka pintu bagi para hacker agar bisa mengakses data smartphone kalian, apabila kalian dengan sengaja atau tidak sengaja mengklik iklan-iklan tersebut.

2. SMS yang Tidak Terduga

SMS yang Tidak Terduga
Apabila smartphone kalian bisa mengirim SMS atau melakukan panggilan sendiri, maka kalian harus berhati-hati saat menggunakan smartphone. Bisa jadi smartphone kalian sudah diretas, hal ini dinamakan dengan "phising". Para hackers biasanya menggunakan metode ini untuk menjebak dan mendapatkan informasi-informasi yang sangat penting milik pengguna.

3. Iklan Media Sosial

Iklan Media Sosial
Saat kalian menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau media sosial lainnya, lalu sering muncul iklan-iklan secara masif, maka bisa dikatakan bahwa smartphone kalian sudah terinfeksi AdWare. Karena pada umumnya media sosial tidak terlalu banyak memperlihatkan iklan. Biasanya virus yang satu ini kalian dapatkan setelah mengunduh aplikasi yang tidak memiliki kejelasan sumbernya.

4. Daya Baterai yang Lemah

Daya Baterai yang Lemah
Pernah mengalami keadaan dimana baterai smartphone kalian secara mendadak cepat habis? Biasanya hal ini terjadi karena adanya malware atau bug di smartphone kalian. Malware yang satu ini akan menyamar sebagai salah satu program yang bergerak di background. Hal ini menyebabkan prosesor dan RAM di smartphone kalian bekerja untuk hal yang sebenarnya adalah virus, dan ini bisa terjadi selama virus tersebut ada di smartphone kalian. Hal inilah salah satu penyebab turunnya daya tahan baterai di smartphone kalian.

5. Lagging atau Freezing

Lagging atau Freezing
Saat penggunaan sehari-hari terkadang smartphone kalian menjadi tidak responsif, lambat, bahkan sampai mengalami freezing. Nah, kalau hal ini semakin sering terjadi, kalian harus segera curiga bahwa hal ini diakibatkan oleh virus. Virus ini akan memberikan akses pada pihak ketiga untuk meretas smartphone kalian yang menyebabkan smartphone sering mengalami lag, bahkan freezing. Virus seperti ini biasanya menginfeksi smartphone saat mengunduh aplikasi-aplikasi yang tidak jelas asal-usulnya.

6. Penggunaan Data yang Tidak Jelas

Penggunaan Data yang Tidak Jelas
Jika kalian merasa bahwa kuota data kalian berkurang secara tidak masuk akal, atau ada beberapa aplikasi yang tidak pernah digunakan mendadak malah jadi sumber utama penggunaan kuota data kalian. Maka sudah bisa dipastikan bahwa smartphone kalian terjangkit salah satu malware.

7. Penutupan Panggilan Mendadak

Penutupan Panggilan Mendadak
Sering kali faktor jaringan menjadi penyebab gangguan saat melakukan panggilan. Namun apabila hal ini terjadi terus menerus bahkan dalam keadaan jaringan yang baik, bisa jadi smartphonekalian sudah *terindikasi memiliki malware.

8. Munculnya Aplikasi yang Tidak Diunduh

Munculnya Aplikasi yang Tidak Diunduh
Apabila di layar utama smartphone kalian mendadak muncul aplikasi yang tidak pernah kalian unduh, bisa jadi hal ini dikarenakan adanya malware atau adware. Untuk menghindari hal ini kalian harus menonaktifkan fitur Download from Unknown Sources di menu keamanan. Saat ada aplikasi yang tidak biasa muncul di smartphone kalian, segeralah uninstall aplikasi tersebut.

9. Booting yang Lama

Booting yang Lama
Apabila kalian merasa proses rebooting smartphone kalian menjadi lebih lama dari biasanya, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa smartphone kalian terkena malware. Nah, dengan melakukan master reset kalian akan memulihkan smartphone kalian dari malware dan dapat melakukan rebootingdengan normal.

10. Wifi dan Bluetooth Restart Sendiri

Wifi dan Bluetooth Restart Sendiri
Biasanya hal ini terjadi karena adanya file O.S Android yang rusak. Nah, yang harus kalian tahu adalah salah satu penyebabnya bisa jadi merupakan malware ganas yang mampu meretas serta merusak berbagai file yang ada di smartphone kalian. Salah satu cara untuk memperbaiki hal ini, yaitu dengan melakukan master reset, namun kalian bisa menghindari hal seperti ini dengan meng-install program anti-malware, dan melakukan pemindaian secara rutin minimal seminggu sekali.

11. Fitur Pencarian Tidak Bisa Digunakan

Fitur Pencarian Tidak Bisa Digunakan
Hal ini merupakan tanda paling umum bagi smartphone yang sudah terinfeksi oleh malware atau adware. Malware atau Adware ini menyebabkan fitur pencarian benar-benar tidak dapat diakses, atau tidak memberikan respon apa-apa saat digunakan. Kalian bisa melakukan master reset untuk mengembalikkannya seperti semula, atau menggunakan Malware Removal Tools.

12. Overheating

Overheating
Overheating biasa terjadi pada smartphone, namun dengan catatan memang sedang digunakan secara maksimal. Penggunaan CPU serta RAM secara terus menerus akan menyebabkan overheating, misalkan saat kalian sedang bermain game, atau menonton video, dan lain-lain. Namun, apabila kalian sedang tidak menggunakan smartphone kalian, tetapi tetap mengalami overheating, maka dapat dipastikan bahwa smartphone kalian terinfeksi malware. Malware yang satu ini akan terus-menerus menggunakan RAM dan CPU smartphone sehingga terjadilah overheating.

13. Redirect Malware

Redirect Malware
Saat kalian sedang browsing menggunakan smartphone, kemudian muncul iklan pop-up yang akan mengarahkan Anda ke salah satu website secara terus menerus. Jika kalian mengalami hal ini, maka berhati-hatilah, karena ini merupakan salah satu tanda bahwa smartphone kalian memiliki aplikasi yang menyebabkan adware menginfeksinya.

14. Malware yang Sembunyi

Malware yang Sembunyi
Dengan perkembangan zaman dan munculnya program anti-malware, saat ini malware menjadi lebih pintar dalam hal menyembunyikan dirinya. Apabila kalian sudah mencoba menghapus aplikasi yang terindikasi sebuah malware namun selalu gagal, maka kalian bisa mencoba menghapusnya dengan menggunakan safe mode di smartphone kalian.
Itulah tadi 10+ Tanda yang Menunjukkan Androidmu Telah Terinfeksi Virus. Tentu berbagai virus, malware, maupun adware akan sangat merugikan para kalian sebagai pengguna smartphone. Maka dari itu usahakan untuk selalu cek keamanan smartphone secara berkala agar kalian tetap bisa menggunakannya dengan nyaman dan aman. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar